Solid Gold ~ Mau dapat Rumah Murah, ini syaratnya


Presiden Jokowi dalam peresmian rumah di Cikarang

Solid Gold ~ PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyediakan rumah murah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Cikarang, Bekasi. Nantinya kalangan MBR bisa memiliki rumah tapak dengan uang muka (down payment/DP) sekitar Rp 1,12 juta dan cicilan sekitar Rp 800.000 per bulan.

Direktur Utama Bank BTN, Maryono mengatakan untuk memiliki rumah tersebut harus lewat seleksi. Di mana, nantinya pihak BTN akan melakukan seleksi administrasi dan wawancara.

"Wawancara ini setiap orang akan dipanggil bagaimana selama ini dia kerja, kerjanya dimana, rumahnya dimana akan kita teliti supaya kita betul-betul mendapatkan konsumen yang sesuai dengan sasaran," ujar Maryono saat peresmian Villa Kencana Cikarang, Bekasi, Kamis (4/5).

Lebih lanjut, dirinya mengatakan syarat untuk mendapatkan rumah ini haruslah Warga Negara Indonesia dan berpenghasilan Rp 4 juta per bulan.

"Seleksi administrasi sudah kita sebutin WNI, tidak boleh memiliki kredit perbankan, gajinya tidak boleh di bawah Rp 4 juta kemudian dia belum punya rumah dan sebagainya," katanya.

Untuk para buruh yang tidak memiliki penghasilan tetapi harus gigit jari mendapatkan rumah tersebut, menurutnya KPR tersebut syarat utamanya haruslah berpenghasilan tetap.

"Tidak bisa, karena ini khusus untuk pendapatan yang tetap sedangkan pendapatan yang tidak tetap sudah di tampung KPR mikro. Sedang di kaji pemerintah supaya yang tidak berpendapatan tetap masuk dalam KPR subsidi. Sekarang KPRnya belum subsidi jadi bunganya masih agak tinggi dikit," katanya.

Proyek rumah tapak bernama Villa Kencana Cikarang tersebut rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 105 hektar di Bekasi. Secara total, rumah yang akan dibangun mencapai sekitar 8.749 unit rumah yang diperuntukkan bagi kalangan MBR.

Acara peresmian ini juga akan dilakukan akad KPR untuk 1.200 unit rumah. Adapun, pembangunan Villa Kencana Cikarang telah dimulai sejak 2016. Rumah yang dibangun bagi kalangan wong cilik ini memiliki tipe 25/60 dengan harga per unit mulai dari Rp 112 juta hingga Rp 141 juta. Untuk akses KPR, masyarakat cukup mengeluarkan DP sebesar 1 persen dan bunga cicilan 5 persen fixed hingga 20 tahun.
baca Disclaimer



SOLID GOLD


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Kerja ku, " Terdampar di PT Solid Gold Berjangka"

GUDANG SNACK SEMARANG

Solid Gold Berjangka ~ Guyonan Mukidi…SORGA ATAU TENTARA