Solid Gold ~ Roti Ganjel Rell

Solid Gold ~ Makanan Khas Semarang, Ganjel Rel – Salah satu makanan khas kota semarang yang cukup dicari adalah ganjel rel. Ya, namanya memang terkesan jauh dari nama makanan dan orang yang belum pernah makan makanan ini pasti tidak akan bisa membayangkan seperti apa rasa makanan khas kota semarang ganjel rel ini.

Ganjel Rel ini adalah sebuah roti yang berwarna cokelat dengan taburan wijen diatasnya. Salah satu makanan khas semarang ini memiliki rasa yang agak manis, memakai campuran gula aren sebagai pemanisnya dan beraroma kayu manis yang bisa membuat lidah bergoyang. Dari teksturnya ganjel rel memiliki dua tekstur yang berbeda yaitu agak keras dibagian lapisan atasnya dan lembut dan ulet dibagian dalamnya. Karena teksturnya itu pula makanan yang sekarang sudah mulai jarang ini sangat baik untuk dijadikan sebagai sarapan pagi ditemani dengan secangkir teh hangat..hmmm.

Ganjel rel merupakan jenis makanan peninggalan Belanda, dengan resep yang beredar turun temurun sampai sekarang jadilah makanan ini menjadi salah satu makanan khas kota Semarang. Ganjel Rel atau biasa disebut juga dengan nama Roti Gambang ini adalah makanan yang sangat populer dimasa lalu, dinamakan Ganjel Rel karena memang bentuknya yang mirip dengan bantalan kereta api dan rasanya kurang lengkap jika berkunjung ke kota Semarang tanpa mencicipi atau membawa ganjel rel sebagai oleh oleh khas Semarang.

Oh iya, menurut salah seorang teman yang kuliah di Semarang, roti ganjel rel ini juga memiliki sebutan roti ospek, kenapa ? karena dulu setiap kali ospek, roti ini menjadi salah satu barang yang harus dicari dan memang sudah mulai agak susah untuk menemukan ganjel rel ini, katanya sih hanya ada beberapa toko saja yang menjualnya.

Jadi, jangan lupa ya, jika Anda berkunjung ke Semarang untuk tujuan wisata maupun bisnis, cobalah untuk mencicipi dan membawa makanan khas kota Semarang ini sebagai oleh oleh, salah satu makanan khas kota Semarang ganjel rel ini bisa didapatkan di beberapa toko penjual oleh oleh di Semarang.

baca Disclaimer


SOLID GOLD 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Kerja ku, " Terdampar di PT Solid Gold Berjangka"

GUDANG SNACK SEMARANG

Solid Gold Berjangka ~ Guyonan Mukidi…SORGA ATAU TENTARA