Pertumbuhan pekerjaan AS terlihat melambat, pengangguran cenderung naik tipis



c_740_198_16777215_00_images_assets_ECONOMY_jobsjpg_20140226120353704.jpgPertumbuhan pekerjaan AS kemungkinan melambat pada bulan Mei dan tingkat pengangguran mungkin sedikit mengalami kenaikan, namun itu tidak cukup untuk mengganggu pandangan bahwa ekonomi Negara adi daya tersebut sedang memantul kuat setelah kemerosotannya di musim dingin lalu.
Para pengusaha di AS mungkin hanya menambahkan 218.000 pekerjaan untuk penggajian mereka bulan lalu, menurut survei ekonom dari Reuters. Meskipun angka tersebut jatuh tajam dari penambahan 288.000 pekerjaan di bulan April, tapi angka ini masih berada di atas rata-rata enam bulan sebelumnya.
"Angka itu masih konsisten dengan laju pertumbuhan saat ini," kata Ryan Sweet, ekonom senior dari Moody’s Analytics di West Chester, Pennsylvania.
Perekonomian AS mengalami kontraksi pada kuartal pertama lalu karena tertekan oleh cuaca musim dingin yang luar biasa berat dan lambatnya persediaan. Namun data mulai dari manufaktur hingga penjualan mobil menunjukkan rebound pada pertumbuhannya, dan para ekonom memperkirakan pertumbuhan tahunan rata-rata bisa mencapai 3 persen di kuartal ini.
Meskipun tingkat pengangguran diperkirakan meningkat sepersepuluh dari persentase poin menjadi 6,4 persen dari level terendah 5-1/2 tahun di bulan April lalu, kemungkinan lebih didorong oleh orang-orang yang mulai memasuki angkatan kerja dalam mencari pekerjaan.
Penurunan tajam pada tingkat partisipasi angkatan kerja, atau pangsa usia kerja Amerika yang bekerja atau setidaknya mencari pekerjaan telah menjadi katalis di balik penurunan besar yang mengejutkan pada tingkat pengangguran bulan April lalu.
Departemen Tenaga Kerja AS akan merilis laporan pekerjaan bulanan yang diawasi ketat oleh pasar keuangan di seluruh dunia pada hari Jumat pukul 8:30 pagi waktu setempat (19:30 WIB). (brc)
Sumber : Reuters


baca Disclaimer

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Kerja ku, " Terdampar di PT Solid Gold Berjangka"

GUDANG SNACK SEMARANG

Solid Gold Berjangka ~ Sisingamangaraja XII, Pahlawan Nasional