Solid Gold ~ Mengurangi Makan Bisa Menghambat Penuaan Dini

 
ilustrasi: Membatasi asupan kalori makanan yang masuk ke dalam tubuh ternyata bisa membantu memperlambat penuaan. (Thinkstock/Kerkez)


Solid Gold ~ Ada banyak cara untuk memperlambat penuaan dini. Salah satunya adalah dengan mengontrol asupan kalori. 

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa lebih sedikit makan terbukti dapat memperlambat penuaan serta menghambat pertumbuhan uban serta kekakuan tulang.

Melansir Daily Mail, peneliti dari Brigham Young University mengatakan, manfaat membatasi kalori dapat dirasakan oleh seluruh tubuh dan meningkatkan potensi hidup lebih lama.

Para peneliti mengobservasi dua kelompok tikus untuk menguji efek dari kalori tersebut. Grup pertama diberikan akses yang tidak terbatas terhadap makanan dan grup lainnya mengonsumsi kalori lebih sedikit 35 persen.

Studi yang dipublikasikan di Molecular & Cellular Proteomics itu menemukan tikus dengan kalori yang dibatasi bisa jadi lebih energik. Selain itu, mereka juga berisiko menderita penyakit yang lebih sedikit dibanding yang mengonsumsi kalori lebih banyak.

"Ketika Anda membatasi konsumsi kalori, hampir terdapat peningkatan yang linear dengan kemungkinan hidup lebih lama," kata penulis penelitian itu Profesor John Price.

"Kami menyimpulkan bahwa membatasi kalori bisa menyebabkan perubahan biokimia yang memperlambat penuaan," ujarnya menambahkan.

Para peneliti itu menemukan dengan makan kalori lebih sedikit membuat ribosom memperlambat penuaan sel. Mereka mengurangi kecepatan memproduksi protein dan memberikan ribosom waktu lebih untuk memperbaiki diri.

Menurut penelitian itu, hal ini bisa membuat sel kulit berfungsi dengan baik.

"Ribosom adalah mesin yang sangat kompleks, seperti mobil, dan dia membutuhkan waktu untuk perbaikan," ujar Price.

Seorang laki-laki dewasa harus mengurangi kalori dari 2.400 per hari menjadi 1.560 kalori saja. Sementara untuk perempuan dari dua ribu kalori menjadi 1.300 kalori.

Kendati demikian, Price memperingatkan untuk tidak berharap selalu muda karena kalori hanya membantu memperlambat penuaan. (solid gold)
baca Disclaimer


BACA JUGA

Solid Gold ~ Saham Asia stabil di dekat level 2-1/2 tahun tertinggi



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Solid Gold Berjangka | Cara ampuh lindungi transaksi perbankan Anda dari penipuan

GUDANG SNACK SEMARANG

Pengalaman Kerja ku, " Terdampar di PT Solid Gold Berjangka"