Profiling Rich People





::: RICH PEOPLE :::



Rich People atau orang kaya adalah seseorang yang bebas secara finansial. Artinya ia bebas menggunakan uang miliknya, bebas untuk bekerja kapan saja diinginkannya, serta bebas dari segala kekhawatiran akan masalah keuangan di masa depan.

Gambaran umum yang ada di pikiran manusia mengenai orang kaya lebih kurang seperti ini :


Tetapi, bukan itu yang akan kita bahas. Kita akan membahas mengenai seperti apa mindset rich people, yang membedakannya dengan orang menengah maupun menengah ke bawah.

Orang kaya yang pada umumnya melekfinansial, memahami 2 bentuk laporan keuangan, yaitu :
  •  Aliran kas (cashflow), terdiri dari pemasukan dan pengeluaran
  •  Aktiva (harta),  terdiri dari aset dan liabilitas.
Apa sih Cashflow dan liabilitas itu ?
Aliran kas (Cashflow) adalah aliran uang masuk dan uang keluar, cashflow meliputi pemasukan (Income) contohnya gaji, royalty, bunga dan semua penghasilan yang didapat dengan menukarkan waktu anda secara langsung maupun tidak langsung. Pengeluaran  (Expenses) meliputi semua biaya hidup anda dan keluarga anda, serta semua cicilan asset anda (bergerak ataupun tidak bergerak).

Aset (Asset)adalah semua hal/tools yang menyebabkan pemasukan (income) cashflowanda. Contohnya seperti rumah/mobil yang disewakan, royalties dari barang ciptaan, deviden saham, bunga bank, dan sebagainya. Liabilitas (Liability) adalah semua kewajiban yang masih menjadi beban anda dan menyebabkan pengeluaran cashflow anda. Harta kewajiban ini mencakup cicilan rumah, cicilan mobil, pembayaran iuran, dana pensiun tahunan, kewajiban biaya hidup keluarga, dan sebagainya.

Rumah besar sering dinilai sebagai aset padahal liabilitas. Rumah besar adalah bukan aset karena tidak mendatangkan pemasukan. Rumah besar mendatangkan pengeluaran dalam bentuk hipotek, biaya pemeliharaan, pajak, asuransi, dan sebagainya. Mobil mewah juga sering dinilai sebagai aset padahal liabilitas. Mobil mewah bukan aset karena tidak mendatangkan pemasukan, tetapi pengeluaran dalam bentuk biaya operasional, pemeliharaan, pajak, asuransi, dan sebagainya. 



Orang melek finansial biasanya fokus pada aset dan bekerja keras untuk menambah asetnya sehingga menjadikan dirinya sebagai orang kaya dan semakin bertambah kaya. Orang yang tidak fokus pada aset akan semakin meningkat pengeluarannya kendati pemasukannya juga meningkat.
Orang yang mempunyai pengeluaran tinggi dan tidak tercukupi dari pemasukannya akan mengandalkan utang yang membebaninya dengan angsuran, bunga dan denda. Ketika pemasukan tidak dapat mengimbangi pengeluaran maka akan muncul liabilitas. Jumlah liabilitas akan semakin meningkat sejalan dengan peningkatan jumlah pengeluaran ditambah dengan beban utangnya.

Sekarang sudah paham kan mengenai perbedaan cash flow dan liabilitas ? :) 



baca Disclaimer

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Kerja ku, " Terdampar di PT Solid Gold Berjangka"

GUDANG SNACK SEMARANG

Solid Gold Berjangka ~ Guyonan Mukidi…SORGA ATAU TENTARA