Dolar Bersiap Catat Mingguan Terburuk Sejak Juni

PT.SolidGoldSemarang~Dolar berisap catat mingguan terburuk dalam empat bulan terakhir seiring spekulasi Federal Reserve akan menaikkan suku bunga tahun ini memudar dan rebound harga komoditas dihidupkan kembali permintaan untuk aset berisiko.

Greenback melemah terhadap 15 dari 16 mata uang utama hari Kamis kemarin pasca risalah dari pertemuan The Fed bulan lalu yang menunjukkan para pejabat membahas bagaimana penguatan mata uang AS meredam laju inflasi dan ekspor. Risalah pertemuan mencatat bahwa dolar telah "terapresiasi cuku kuat" terhadap mata uang emergin market dan naik terhadap mata uang eksportir komoditas dan mitra dagang utama AS. Dolar Australia telah bersiap untuk catat mingguan terbaiknya dalam dua tahun terakhir.

Indeks Bloomberg Dollar Spot, yang mengukur kinerja dolar terhadap 10 mata uang utama, berada di level 1,195.95 pukul 09:07 pagi di Tokyo dari level 1,196.57 pada hari Kamis, ketika jatuh sebesar 0,4 persen. Indeks bersiap mencatat penurunan sebesar 1,1 persen pekan ini, yang akan menjadi penurunan terbesar sejak periode yang berakhir 12 Juni lalu.

Bank sentral AS bulan lalu menunda kenaikan suku bunga mendekati nol pasca perlambatan pertumbuhan China mengguncang pasar global pada bulan Agustus lalu. Ketua The Fed Janet Yellen mengatakan bank sentral masih mengharapkan untuk menaikkan suku bunga acuan tahun ini.

Harga komoditas telah naik bulan ini seiring para pedagang menurunkan spekulasi bahwa suku bunga AS akan naik. Indeks Bloomberg Komoditi telah naik sebesar 2,9 persen sejak 30 September lalu, sedangkan kemungkinan kenaikan suku bunga pada Desember turun dari 41 persen menjadi 39 persen. Perhitungan kenaikan biaya pinjaman didasarkan pada asumsi bahwa suku bunga The Fed yang efektif akan berada pada kisaran 0,375 persen pasca kenaikan, saat ini suku bunga berkisar 0 persen -0,25 persen.

Harga minyak bersiap catat peningkatan sebesar 9 persen pekan ini, yang akan menjadi penguatan terbesar sejak periode yang berakhir 28 Agustus lalu.

Dolar Australia stagnan pada level 72,69 sen AS. Aussie telah naik sebesar 3,2 persen pekan ini, menuju kinerja terbaik sejak September 2013 lalu. (izr)

Sumber: Bloomberg
baca Disclaimer

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Solid Gold Berjangka | Cara ampuh lindungi transaksi perbankan Anda dari penipuan

GUDANG SNACK SEMARANG

Pengalaman Kerja ku, " Terdampar di PT Solid Gold Berjangka"