hari ulang tahun internet

Hari ini berulang tahun, berapa umur internet?PT.SOLID GOLD - Tidak banyak orang yang tahu jika hari ini adalah hari ulang tahun internet. Ya, beberapa puluh tahun lalu untuk pertama kalinya ilmuwan Amerika menggunakan internet.

Hari pasti ulang tahun internet sampai saat ini sejatinya masih menjadi topik perdebatan serius. Apakah internet lahir saat World Wide Web (www) lahir? Atau saat ilmuwan pertama kali mengadopsi TCP/IP? Tetapi banyak pihak percaya internet lahir pada tanggal 29 Oktober 1969 pukul 22.30 waktu Amerika (PDT), Gizmodo (29/10).

Bila waktunya dikonversikan ke WIB, maka ulang tahun internet jatuh pada tanggal 30 Oktober sekitar jam 12.30 atau hari ini.

Lahirnya internet pada tanggal 29 Oktober 45 tahun silam itu juga diamini oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE). IEEE pada bulan Oktober tahun 2009 telah memasang sebuah plakat di University of California at Los Angeles (UCLA) yang bertuliskan 'Birthplace of the Internet, 1969'. UCLA memang tercatat sebagai salah satu tempat kelahiran internet selain Standford Research Institute.

Pada hari bersejarah itu, ilmuwan di UCLA dan Standford untuk pertama kalinya membuat sistem koneksi host-to-host melalui jaringan ARPANET. Kejadian ini juga sempat direkam lewat sebuah IMP log yang menyatakan ilmuwan UCLA tengah berbicara dengan 'SRI' atau SDS 940 (komputer milik Standford) secara host-to-host. Padahal saat itu jarak antara komputer UCLA 'SDS Sigma 7' sekitar 350 mil dari SRI.

Ilmuwan UCLA bernama Bill Duvall menjadi orang pertama yang menggunakan teknologi 'cikal bakal' internet itu. Duvall mengirim sebuah pesan bertuliskan 'LOGIN' pada komputer Standford. Namun, hanya huruf 'L' dan 'O' yang berhasil terkirim dan diterima oleh SRI.

Akan tetapi, hal itu cukup untuk menunjukkan lahirnya sistem jaringan yang menjadi teknologi dasar dari internet yang kita kenal saat ini.
[bbo]

baca Disclaimer

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Solid Gold Berjangka | Cara ampuh lindungi transaksi perbankan Anda dari penipuan

GUDANG SNACK SEMARANG

Pengalaman Kerja ku, " Terdampar di PT Solid Gold Berjangka"