Spekulasi Suku Bunga The Fed Kembali Lemahkan Bursa Saham AS Disesi Penutupan


PT.SolidGoldSemarang~ Bursa Saham AS ditutup melemah menjelang rilis laba Apple Inc. ditengah reli emas yang terkait adanya spekulasi bahwa Federal Reserve tidak akan terburu-buru untuk menaikkan suku bunga. Sementara itu, Bursa Saham Eropa mendulang gain terkait optimism bahwa Yunani akan mengalami kemajuan terkait pembicaraan dana talangan.

Indeks Standard & Poor 500 melemah 0.4% dari rekornya sebesar 2,109.05 pada pukul 4 sore ini waktu New York. Sementara Indeks Russell 2000 tumbang 1.2%. Sedangkan emas naik 2.4% yang sekaligus gain tertinggi sejak Januari lalu setelah hasil yang berbeda pada data ekonomi AS menekan outlook akan kenaikan suku bunga. Di lain pihak Indeks Stoxx Europe 600 melonjak 1% menyusul penguatan Bursa Saham Yunani dan obligasi pemerintah. Perak, tembaga dan nikel mencatat kenaikan.

Para investor sedangan menunggu pertemuan hasil The Fed di pekan ini sebagai pertimbangan waktu kenaikan suku bunga, sementara Bank of Japan akan mengeluarkan kebijakan pada Kamis mendatang. Yunani kembali mengupayakan untuk mematahkan kebuntuan dengan para krediturnya setelah jajak pendapat diakhir pekan lalu menunjukkan bahwa mayoritas rakyat Yunani menginginkan pemerintah untuk berkompromi guna mengeluarkan sejumlah dana bagi perekonomian negara tersebut. Sementara itu, Apple merupakan diantara10 perusahaan di Indeks S&P 500 yang melaporkan laba setelah Indeks Nasdaq Composite mencapai rekornya di pekan lalu.

Hari ini The Fed akan memulai pertemuan yang akan berlangsung selama 2 hari setelah adanya data ekonomi yang divergen terkait pasar perumahan dan pesanan untuk perlengkapan bisnis. Sepanjang tahun ini GDP (gross domestic product) tumbuah sebesar 2.8%, yang sekaligus tertinggi sejak 2005 silam, menurut survey para ekonom dari Bloomberg. (bgs)

Sumber : Bloomberg
baca Disclaimer

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Solid Gold Berjangka | Cara ampuh lindungi transaksi perbankan Anda dari penipuan

GUDANG SNACK SEMARANG

Pengalaman Kerja ku, " Terdampar di PT Solid Gold Berjangka"