Hati Hati ada MALWARE di microsoft office-mu



PT.SolidGoldSemarang~Microsoft Malware Protection Center (MMPC) baru-baru ini memperingatkan kepada para pengguna Microsoft Office untuk mewaspadai adanya Malware yang berbentuk aplikasi Macros. Baik yang berasal dari lampiran dalam sebuah Email atau kiriman dari situs sosial media.

Dalam keterangannnya MMPC menyebutkan ada peningkatan yang signifikan pengaktifan Malware yang berbasis Macros yang terjadi dalam beberapa bulan yang lalu.

Seperti yang kita ketahui Macros adalah deretan perintah yang dikumpulkan bersama menjadi satu perintah untuk menjalankan deretan perintah tersebut secara otomatis atau bisa dibilang suatu program dasar sebagai pembantu/mempermudah dalam suatu pengerjaan baik di MS.Word ataupun di MS.Excel.

namun apa jadinya jika lampiran macro seperti yang dimaksud diatas sebenarnya adalah sebuah malware?

Disebutkan bahwa ada 2 jenis malware yang paling aktif dan sering digunakan. yaitu Adnel dan tabir. dan dilaporkan malware ini menyebar dan telah menyerang berbagi pengguna di eropa dan amerika.

Malware ini diketahui menyebar melalui Lampiran email. Lampiran ini sendiri sebagai langkah pertama untuk mengaktifkan malware ini. seperti yang kita ketahui fungsi aplikasi macros pada microsoft office akan berjalan apabila pengguna mengaktifkannnya sendiri. karena secara default aplikasi macros tidak di aktifkan dan perlu diaktifkan sendiri oleh pengguna secara manual.

Namun melalui Email yang dibuat sedemikian rupa agar terlihat menarik. mengoda para pengguna untuk mengaktifkan aplikasi Macros. pengguna yang tertipu dan mengaktifkannya. hanya membutuhkan beberapa saat hingga Malware itu menyebar di komputernya dan mulai menginfeksi sistem.

Dari Pihak MMPC sendiri telah menghimbau kepada para pengguna agar senantiasa meng-update Software Security milik mereka. dan mewaspadai lampiran-lampiran berbentuk macros. apalagi jika mendapat macros yang tidak jelas.baca Disclaimer

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Kerja ku, " Terdampar di PT Solid Gold Berjangka"

GUDANG SNACK SEMARANG

Solid Gold Berjangka ~ Sisingamangaraja XII, Pahlawan Nasional