Kalau Sudah Dewasa Kamu Ingin Jadi Apa?

PT.SolidGoldSemarang~
Saat beranjak dewasa, kamu akan dihadapkan pada banyak pilihan baru dalam hidupmu. Ingat, jadi dewasa berarti kamu harus bertanggungjawab atas pilihan-pilihan yang telah diambil. Salah satu yang tersulit bagi seseorang saat ia beranjak dewasa adalah memilih untuk menjadi apa dirinya kelak.
Ketika seseorang menentukan hal ini, ia berarti sedang menentukan kemana arah sebagian besar aspek kehidupannya. Menjadi sesuatu, bisa dipastikan berpengaruh besar terhadap tujuan pendidikan dan karirmu. Sebaiknya dengarkan saran dari orang lain mengenai pilihanmu, terutama orangtua. 
Namun ingat, kamu sendirilah yang kan menjalani kehidupan ini. Jangan biarkan siapapun mendiktemu dan memaksamu jadi apa yang mereka inginkan. Untuk itu, ada baiknya sebelum meminta saran dari orang lain, kamu perlu memiliki gambaran terlebih dahulu ingin jadi orang yang seperti apa kelak. Ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk membantumu dalam menentukan arah hidupmu
 1. Berpikir jernih
 Jangan biarkan pikiranmu dipenuhi tekanan dari sana sini. Hal itu hanya akan membuatmu mengambil keputusan yang sebenarnya tidak kamu inginkan
 2. Kenali dengan baik alasan dan akibat dari sebuah pilihan yang kamu ambil
 Terutama ketika kamu dihadapkan pada banyak opsi. Hal ini tentunya sangat penting dalam pengambilan keputusan. Apalagi dalam menentukan pilihan yang akan kamu jalani seumur hidupmu. Cobalah tentukan kenapa kamu sampai mengambil itu. Dan resiko apa saja yang akan kamu alami kelak  ketika mengambil keputusan tersebut. 
3. Mulai menentukan pilihan
 Namun ingat, kamu harus punya batasan yang jelas tentang ranah yang bisa orang lain masuki. Tidak ada yang lebih mengenalmu selain dirimu sendiri.
 4. Tunggu waktu yang tepat untuk memutuskan
 Pandai-pandailah belajar dari lingkungan sekitarmu. Akan tiba sebuah waktu di mana banyak hal dalam dirimu yang akan tergali keluar. Kamu akan benar-benar tahu apa yang dibutuhkan dan mengenali dengan baik siapa dirimu. Tidak perlu terburu-buru. Ingatlah untuk selalu berfikir jernih.
 5. Bertindak seperti detektif dan penjelajah
 Kamu juga bisa mengikuti aksi-aksi atau kegiatan sosial kemasyarakatan, dan terlibat aktif di dalamnya.Seorang penjelajah dan detektif melakukan observasi untuk menemukan segala macam kemungkinan hal baru yang dapat digunakan untuk memecahkan suatu masalah.
Buatlah daftar apa saja yang kamu ingin lakukan dan yang belum kesampaian. Gunakan hasil dari observasimu untuk menemukan kemungkinan baru. Tidak ada hal yang benar-benar pasti di dunia ini.
 6. Kuasai apa yang kamu sukai
 Jika kamu merasa sudah cukup siap cobalah berkegiatan sesuai minat dan bakatmu. Terjun dalam aktivitas yang terkait dengan minat dan bakatmu. Jangan terburu-buru mengejar profit. Tujuan melakukannya hanya untuk mengukur sejauh mana kamu mencintai apa yang disukai dan terlibat dalam hal-hal yang menyelubunginya.
Tips-tips tambahan yang terkait:
 - Apa minatmu? dan kenali juga bakatmu- Memilah dengan prioritas - Keluar dari zona amanmu- Jangan terburu-buru dalam memutuskan apa yang kamu inginkan- Perbanyak pengalamanmu- Tetap semangat meski banyak hambatanLakukan apa yang disukai, bukan apa yang orang lain inginkan agar kamu mau melakukannya. Hanya karena orang tuamu seorang akuntan atau arkeolog, bukan berarti kamu harus menjadi seperti mereka. Jangan takut untuk menunjukkan cita-citamu kepada orang lain. Hal itu akan sangat membantu mempertebal keyakinan terhadap pilihanmu. Semoga kesuksesan menyertaimu selama sisa hidupmu.


baca Disclaimer

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Solid Gold Berjangka | Cara ampuh lindungi transaksi perbankan Anda dari penipuan

GUDANG SNACK SEMARANG

Pengalaman Kerja ku, " Terdampar di PT Solid Gold Berjangka"