Pt Solid Gold Berjangka ~ Kebijakan Trump Menarik Dolar Akan Membuat Rupiah Melemah



Solid Gold Berjangka ~ Kepala Departemen Penelitian Ekonomi CSIS Yose Rizal Damuri mengungkapkan, kebijakan ekonomi yang akan diambil Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bisa bikin dolar AS (USD) pulang kampung. Jumlah baliknya USD ini diperkirakan cukup besar.

Yose menjelaskan, terakhir kali USD pulang kampung besar-besaran terjadi pada 2013 lalu. Jika kembali terulang tahun ini maka nilai tukar rupiah mau tak mau akan melemah.

"Kita bisa bayangkan dolar pulang kampung lagi seperti 2013, pulang kampung besar-besaran. Kalau terjadi lagi, nilai tukar rupiah turun dan artinya pemerintah kalau mau terbitkan surat utang sulit, makin besar bunga yang diberikan," ujarnya di Jakarta, Selasa (7/3/2017).

Pengaruh kebijakan Trump tersebut, Yose menyampaikan, akibat dari keinginan untuk meningkatkan belanja pemerintah. Untuk mendukung hal ini, AS harus mengimbangi dengan peningkatan pajak.

Tetapi, lanjut dia, Trump sendiri justru ingin pajak semakin kecil. "Dari sisi makro lebih banyak terpengaruh karena rencana Trump jangka panjang ingin tingkatkan pengeluaran pemerintah. Kalau ditingkatkan, ditutup dari pajak tapi dia ingin pajak kecil," katanya.

Dengan begitu, Trump dinilainya akan menutup anggaran dengan menerbitkan surat utang. Sehingga, otomatis meningkatkan suku bunga untuk menarik investor.

"Dengan ditutup utang cari dari pasar uang sehingga suku bunga akan meningkat kemudian likuiditas di Indonesia makin kecil," pungkas Yose.(pt solid gold berjangka)
baca Disclaimer



BACA JUGA

Pt Solid Gold Berjangka ~ Bursa Jepang Melemah Seiring Tweet Terbaru Trump



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Kerja ku, " Terdampar di PT Solid Gold Berjangka"

GUDANG SNACK SEMARANG

Solid Gold Berjangka ~ Sisingamangaraja XII, Pahlawan Nasional