5 Manfaat Terapi Musik Untuk Kesehatan


Solid Gold Berjangka - Musik bisa menjadi teman bagi siapa saja. Mendengarkan musik bisa membuat orang bersemangat, senang, atau bahkan galau. Namun ternyata musik tak sekedar hiburan semata. Jika digunakan sebagai terapi, musik bisa memberikan manfaat kesehatan bagi kita. 

Selama ini telah banyak penelitian yang mengungkap efek musik pada otak. Terapi musik berfokus pada kesehatan seseorang, termasuk meningkatkan kesehatan tubuh, kemampuan kognitif, dan lainnya. Terapi musik dilakukan dengan mendengarkan musik, menyanyikannya, atau mendiskusikan musik untuk mencapai hal tersebut.

Berikut adalah manfaat kesehatan yang diberikan terapi musik untuk tubuh kita, seperti dilansir oleh Boldsky (05/07).

1. Mengatasi ketegangan otot
Stres dan tekanan yang kita rasakan setiap hari seringkali berimbas pada kesehatan. Misalkan, setelah seharian duduk di depan komputer, otot pada bagian punggung, leher, dan pundak menjadi tegang. Musik bisa memberikan efek menenangkan dan mengendurkan otot yang tegang tersebut.

2. Mengurangi depresi
Penelitian di Finlandia menunjukkan efek positif musik pada pasien depresi. Musik memberikan efek menenangkan yang bisa membuat gelombang otak menjadi stabil. Menyanyikan musik juga bisa memberikan kekuatan bagi orang yang depresi. Meski musik tak bisa sepenuhnya menyembuhkan orang yang depresi, namun musik bisa meredakan gejala depresi yang dirasakan.

3. Mengatasi insomnia
Salah satu penyebab insomnia adalah kesulitan untuk melepaskan diri dari pikiran yang membuat stres. Musik yang ringan dan menenangkan bisa membuat pikiran menjadi lebih bebas dan membuat tubuh lebih mudah untuk tertidur. Musik dengan instrumen minimalis dan diulang-ulang akan memberikan efek terbaik untuk membuat cepat tidur.

4. Kesehatan jantung
Para ahli kini percaya bahwa ritme detak jantung berperan penting dalam membuat detak jantung menjadi lebih stabil. Jika Anda memiliki masalah dengan kesehatan jantung atau detak jantung yang tak stabil, mendengarkan musik bisa membantu untuk membuat detak jantung menjadi lebih stabil.

5. Membantu pencernaan
Ini adalah salah satu manfaat dari terapi musik. Musik memiliki efek tak langsung pada sistem pencernaan. Musik bisa menenangkan dan menghilangkan stres. Ini akan menurunkan produksi asam pada pencernaan. Ketika merasa tenang, produksi asam pada lambung akan seimbang.

Musik adalah bahasa universal yang tak hanya bisa digunakan untuk mengekspresikan diri atau menghibur diri, melainkan juga bisa bermanfaat untuk kesehatan. Cobalah terapi musik untuk mendapatkan manfaat-manfaatnya di atas.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Solid Gold Berjangka | Cara ampuh lindungi transaksi perbankan Anda dari penipuan

GUDANG SNACK SEMARANG

Pengalaman Kerja ku, " Terdampar di PT Solid Gold Berjangka"