Strategi Meningkatkan Motivasi Kerja



Solid Gold SMG-Setiap orang tentu memiliki motivasi kerja berbeda sesuai kondisi fisik dan mental serta kepuasan yang didapat dari pekerjaannya. Berikut ini merupakan 6 strategi penting yang bisa membantu peningkatan motivasi kerja seorang karyawan.



1. Sasaran
Adanya sasaran yang jelas dan tegas akan membantu seorang karyawan atau individu untuk tetap fokus pada tujuan yang realistis dan dapat ia capai. Ingat, tujuan atau sasaran harus realistis. Mengapa? Semakin tidak realistis sebuah sasaran, semakin rendah pula motivasi kerja karena hanya akan membuat individu frustasi dengan hal yang tidak realistis itu.

2. Partisipasi
Pada dasarnya, setiap orang akan semangat mengerjakan sebuah pekerjaan jika ia benar-benar terlibat atau berkontribusi dalam pekerjaan tersebut. Oleh sebab itu, seorang pimpinan harus melibatkan karyawan untuk memikirkan langkah-langkah pengembangan usaha.

3. Pengakuan
Pengakuan nonfinansial, seperti pujian, memang perlu dilakukan oleh seorang atasan pada karyawan yang telah melakukan pekerjaan dengan sempurna. Pujian ini akan memberikan dampak yang sangat besar bagi individu bersangkutan karena pengakuan sangat berkaitan dengan 6 kebutuhan dasar manusia yang paling dicari.

4. Komunikasi
Proses komunikasi yang berlangsung secara intens antara atasan dan bawahan akan membuat bawahan merasa lebih dipercaya dan aman. Perasaan aman ini tentu akan membuat seorang karyawan untuk bekerja dengan tenang serta memberikan kemampuan terbaiknya secara leluasa.

5. Kesempatan
Pada dasarnya, setiap orang berkeinginan untuk berkembang dalam hal apapun, termasuk dalam pekerjaan. Banyak hal yang sangat berpengaruh pada perkembangan karier seorang karyawan, di antaranya kesempatan untuk berkontribusi serta kesempatan untuk meningkatkan potensi diri.

6. Kerja Sama
Sebagai makhluk sosial, manusia memang harus berinteraksi dengan orang lain. Interaksi merupakan sebuah proses yang harus ada secara mutlak. Bahkan, orang yang memiliki kepribadian tertutup pun sangat penting berinteraksi. Dengan interaksi, manusia dapat saling mengidentifikasi diri. Bentuk interaksi dalam dunia kerja dapat diwujudkan dalam proses kerja sama untuk melakukan sebuah pekerjaan.

Keenam strategi tersebut mampu memberikan dampak sangat besar dan positif dengan dukungan sistem yang tepat, corporate culture yang kondusif, serta komitmen dari atasan untuk mengimplementasikan budaya perusahaan yang berbasis pada pengembangan SDM. Namun, ada hal penting yang harus dipraktikkan sebelum melaksanakan 6 strategi tersebut, yaitu melakukan penilaian manajemen sebagai cara untuk memantau kesiapan manajemen terhadap berbagai perubahan.

Keenam strategi tersebut menjadi dasar untuk meningkatkan motivasi karena motivasi seseorang lebih bersifat pribadi sehingga diperlukan kejelian atasan untuk menggunakan satu strategi kunci. Strategi kunci ditentukan berdasarkan tingkat keberhasilannya dalam meningkatkan motivasi kerja karyawan.

Semoga bermanfaat! (Solid Gold SMG)


baca Disclaimer

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Kerja ku, " Terdampar di PT Solid Gold Berjangka"

GUDANG SNACK SEMARANG

Solid Gold Berjangka ~ Guyonan Mukidi…SORGA ATAU TENTARA