Emas terjungkal ke bear market akibat eksodus institusional

New York, 12/04 (Reuters) – Emas merosot lebih dari 5 persen pada Jumat, memasuki teritori bear market karena investor institusi “melarikan diri” menuju ke aset-aset yang lebih aman lainnya di tengah kekhawatiran tentang penjualan bank sentral dan minimnya sentimen.

Meluasnya aktivitas jual akan menegaskan beberapa ekspektasi bahwa reli harga emas yang meroket mungkin berakhir setelah penguatan 12 tahun. Emas turun di bawah US $1.500 per ons untuk pertama kalinya sejak Juli 2011. Emas mencatat penurunan mingguan terbesar sejak Desember 2011.

Penjualan menjadi sangat ramai setelah kontraksi tak terduga data penjualan ritel AS, yang menggerus saham dan mendukung dolar. Faktor ini menambah tekanan yang sedang dibangun minggu ini dari beberapa faktor, termasuk draft rencana Siprus untuk menjual emas dan keluar dari ETF emas.

Laju aksi jual muncul terkait dengan volatilitas harga obligasi pemerintah Jepang, yang telah memaksa pemegang tertentu untuk menjual aset lain guna memenuhi pemodelan risiko portofolio investasi mereka.

Harga spot emas mencapai titik terendah dari $1.477, turun 5,3 persen pada hari ini. Untuk minggu ini, itu menunjukkan penurunan lebih dari 6 persen, penurunan mingguan terbesar sejak Desember 2011. Obligasi rally pada hari Jumat.

Pelemahan emas terakselerasi dan volume perdagangan menggelembung setelah harga jatuh melalui support kunci di $1.521 per ons. Pasar turun sekitar 23 persen di bawah rekor puncak $1,920.30 yang dicapai pada September 2011. Investor mendefinisikan bear market karena penurunan 20 persen atau lebih dari harga tertinggi di pasar.

Emas telah melonjak selama lebih dari satu dekade karena statusnya sebagai investasi safe-haven di masa sulit dan sebagai respon atas kekhawatiran inflasi karena Federal Reserve memulai program stimulus agresif untuk melejitkan perekonomian AS pasca krisis keuangan. (rf)

baca Disclaimer

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Kerja ku, " Terdampar di PT Solid Gold Berjangka"

GUDANG SNACK SEMARANG

Solid Gold Berjangka ~ Guyonan Mukidi…SORGA ATAU TENTARA