Output Industri Jepang Mengalahkan Ekspektasi


Tingkat produksi Jepang meningkat untuk bulan kedua berturut-turut pada bulan Oktober, naik 0.2% dari bulan sebelumnya, Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Perindustrian mengatakan pada hari Jumat, Seiring laju ekspor di beberapa sektor meningkat sementara dampak kenaikan pajak penjualan bulan April lalu membuat pertumbuhan ekonomi melambat.

Kenaikan ini lebih baik daripada penurunan 0,6% yang diperkirakan oleh ekonom yang disurvei oleh The Wall Street Journal dan Nikkei.

Kenaikan ini mengikuti kenaikan tajam sebesar 2,9% pada bulan September lalu. Ekonomi Jepang mengalami kontraksi untuk kuartal kedua berturut-turut pada bulan Juli-September, memasuki resesi kedua dalam beberapa tahun terakhir. Pemulihan yang lemah telah menimbulkan pertanyaan mengenai efektivitas program kebangkitan ekonomi yang di canangkan oleh Perdana Menteri Shinzo Abe.

Angka-angka yang dirilis bulan Oktober terjadi di tengah peningkatan ekspor, karena pertumbuhan ekonomi AS mulai mengangkat ekonomi di Asia. Ekonomi AS meningkat 3,9% pada bulan Juli-September menyusul kenaikan sebesar 4,6% pada kuartal kedua.

Kenaikan pajak penjualan, sebesar 8% dari sebesar 5% pada bulan April, telah menciptakan pembelian besar-besaran, dan belanja berikutnya, untuk item besar seperti mobil dan peralatan. Menambah pukulan yang terus geser yen, yang telah membuat segala sesuatu dari bensin dan makanan untuk pakaian dan komputer yang lebih mahal.

Banyak produsen masih berjuang untuk bekerja di luar persediaan mereka yang telah dibangun sejak kenaikan pajak penjualan, membatasi ruang lingkup untuk peningkatan produksi.

Output produksi diperkirakan akan meningkat 2,3% pada November dari Oktober dan kemudian tumbuh sebesar 0,4% pada bulan Desember, menurut survei perusahaan dilakukan oleh METI. (izr)

Sumber: Bloomberg

baca Disclaimer

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Solid Gold Berjangka | Cara ampuh lindungi transaksi perbankan Anda dari penipuan

GUDANG SNACK SEMARANG

Pengalaman Kerja ku, " Terdampar di PT Solid Gold Berjangka"