Harga Minyak Turun Lagi Tertekan Penguatan USD

Pt Solid Gold ~ Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) mengatakan bahwa produksi turun 100.000 barel per hari (bph) pada Mei dipimpin oleh Nigeria, sambil menunjuk ke defisit pasokan pada paruh kedua tahun ini jika kelompok terus memompa pada tingkat Mei.

Seperti dikutip dari Reuters, Selasa (14/6/2016), harga minyak brent turun19 sen atau 0,4% ke level USD 50,35 per barel, sementara minyak mentah AS, West Texas Intermediate (WTI) berakhir melemah 19 sen atau 0,4%, ke posisi USD48,88 per barel.

Pekan lalu, harga mencapai level tertinggi sepanjang tahun ini hingga di atas USD50 per barel di tengah kekhawatiran tentang sabotase fasilitas minyak di Nigeria.

Di sisi lain, USD telah meningkat sekitar 1,4% dari posisi terendah bulan ini, terangkat oleh brexit kekhawatiran tentang ekonomi Asia dan kegelisahan tentang kenaikan suku bunga AS yang potensial. Penguatan USD membuat impor bahan bakar lebih mahal bagi negara-negara yang menggunakan mata uang lainnya.

"Sedikit titik perubahan untuk pasar minyak sekarang dengan faktor makro dan jumlah rig meningkat di atas sentimen negatif, sementara Niger Delta Avengers adalah pengingat yang baik bahwa geopolitik kemungkinan akan lebih buruk sebelum mereka menjadi lebih baik," kata Michael Tran , direktur strategi energi di RBC Capital Markets di New York.

Kekhawatiran bahwa Inggris akan memilih untuk meninggalkan Uni Eropa membuat saham jatuh, dan selanjutnya bisa mengurangi keuntungan pada minyak, kata para pedagang. Ada juga kekhawatiran tentang goyah pertumbuhan di China, sebagian besar karena kelebihan kapasitas industri dan utang.

"Investor tampaknya telah mundur dari membeli menjelang baik pertemuan FOMC pekan ini atau referendum Inggris pada keanggotaan Uni Eropa pada 23 Juni," kata Tim Evans, spesialis energi berjangka di Citi Futures.

Ketidakpastian atas pertemuan kebijakan Komite Pasar Terbuka Federal AS pekan ini telah menekan harga minyak, meskipun bank sentral AS diperkirakan akan mengambil keputusan dengan tidak mengubah suku bunga.

Dua pekan terkahir AS telah meningkatkan jumlah rig dan membuat beberapa investor gugup tentang meningkatnya produksi minyak mentah. Pedagang minyak telah terjual habis dari posisi panjang yang keuntungan dari rebound tajam harga minyak mentah dari tingkat terendah dalam lebih dari satu dekade.

Namun, lanjutan dari pemadaman pasokan telah mendukung harga. Kemarin, kelompok Niger Delta Avengers, yang telah mengklaim sebagian besar serangan terbaru terhadap infrastruktur minyak Nigeria, menolak pembicaraan yang diusulkan dengan pemerintah.

Selain itu, beberapa analis memperkirakan permintaan minyak di Asia dan khususnya China tetap kuat. "Dengan latar belakang harga minyak internasional yang rendah, permintaan minyak mentah China akan tetap didukung tahun ini karena permintaan terus mendapatkan traksi dari penimbunan kegiatan dan penggunaan penyulingan," kata konsultan energi FGE.
Harga minyak dunia kembali melemah, masih tertekan oleh dolar Amerika Serikat (USD) yang kuat dan prospek ekonomi yang suram di Eropa dan Asia, tetapi tetap didukung oleh pemadaman pasokan berkelanjutan di Nigeria.

sumber sindonews
baca Disclaimer

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Solid Gold Berjangka | Cara ampuh lindungi transaksi perbankan Anda dari penipuan

GUDANG SNACK SEMARANG

Pengalaman Kerja ku, " Terdampar di PT Solid Gold Berjangka"