Es Conglik, Jagoan Es Puternya Semarang

Es Conglik adalah es putar yang sangat terkenal di kota Semarang. Es putar ini sebaiknya jangan Anda lewatkan jika Anda sedang mengunjungi kota Loenpia. Rasanya yang lembut, segar dan tidak eneg saat dinikmati membuat es ini disukai oleh semua kalangan. Cita rasa Es Conglik ini sudah banyak digemari orang bahkan sejak sebelum Indonesia merdeka.
Es  conglik adalah es putar  buatan Bapak Sukimin asal Gebanganom. Saat kecil Bapak Sukimin bekerja pada pemerintah Jepang yang ada di Indonesia saat itu dan ia dipanggil dengan sebutan Cung Lik, yang merupakan singkatan dari Kacung Cilik. Kacung adalah pembantu atau pesuruh yang bekerja pada seseorang. Saat Jepang meninggalkan Indonesia, Bapak Sukimin bekerja pada seorang pedagang es putar, dengan menjajakan es putar keliling kampung.  Dengan usahanya akhirnya Pak Sukimin dapat membuka usahanya sendiri dan tidak lagi bekerja pada orang lain. Walaupun sudah tidak menjadi kacung lagi, julukan tersebut sudah terlanjur melekat padanya, hingga  es putar buatannya dikenal banyak orang dengan sebutan Es Conglik.
Es Conglik hanya dapat bertahan selama dua hingga tiga jam saja kerena dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet dan pewarna buatan. Untuk mendapatkan rasa buah dalam es putarnya, Pak Sukimin menggunakan buah asli yang diparut dalam campuran esnya. Es Conglik memiliki 10 varian rasa, antara lain durian, coklat, kelapa muda, blewah, kopyor, alpukat, leci, sirsat, kelengkeng, dan kacang hijau.
Es Conglik disajikan dalam mangkuk atau piring kecil. Dalam satu mangkuk berisi dua scoop es putar yang rasanya bisa Anda tentukan sendiri, yaitu : kopyor atau kelapa muda, jelly, roti tawar, pacar cina, dan buah durian jika suka. Es putar rasa durian dan alpukat adalah rasa-rasa yang paling digemari pelanggan. Satu porsi Es Conglik dipatok patok dengan harga mulai dari Rp6.000,- hingga Rp13.000,-.
Es Conglik dapat Anda temukan di Jl. K.H. Ahmad Dahlan, tepatnya di depan RS Telogorejo di Kawasan Simpang Lima Semarang. Es Conglik buka setiap hari mulai pukul 18.00 hingga pukul 22.00 WIB. Anda juga dapat menemukan Es Conglik di Waroeng Semawis.


baca Disclaimer

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Solid Gold Berjangka | Cara ampuh lindungi transaksi perbankan Anda dari penipuan

GUDANG SNACK SEMARANG

Pengalaman Kerja ku, " Terdampar di PT Solid Gold Berjangka"